Senin, 17 Juni 2013

Gerbang OR

Gerbang-gerbang Logika
Gerbang logika adalah blok bangunan yang paling dasar dari setiap sistem digital, termasuk komputer. Masing-masing dari gerbang logika dasar adalah bagian dari perangkat keras atau sebuah sirkuit elektronik yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan beberapa ekspresi logika dasar. Sementara hukum aljabar Boolean dapat digunakan untuk melakukan manipulasi dengan variabel biner dan menyederhanakan ekspresi logika, ini benar-benar diterapkan dalam sistem digital dengan bantuan sirkuit elektronik yang disebut gerbang logika. Tiga gerbang logika dasar adalah gerbang OR, gerbang AND dan gerbang NOT.

Gerbang OR
Sebuah gerbang OR melakukan operasi OR pada dua atau lebih dari dua variabel logika. Operasi OR pada dua variabel independen logika A dan B ditulis sebagai Y = A + B dan dibaca sebagai Y sama dengan A OR B dan bukan sebagai A ditambah B. Sebuah gerbang OR adalah rangkaian logika dengan dua atau lebih input dan satu output. Output dari gerbang OR adalah RENDAH hanya bila semua masukan RENDAH. Untuk semua kemungkinkan kombinasi masukan lainnya, outputnya TINGGI. Pernyataan ini ketika ditafsirkan untuk sistem logika positif berarti sebagai berikut.
Output dari gerbang OR berlogika '0' hanya jika semua inputnya berada pada logika '0'. Untuk semua kemungkinkan kombinasi masukan lainnya, outputnya adalah logika '1'. Gambar 1 menunjukkan simbol rangkaian dan tabel kebenaran dari gerbang OR dua masukan. Ekspresi aljabar boolean untuk gerbang OR adalah Y = A + B. Tanda plus menunjukkan fungsi OR. Perhatikan bahwa untuk kasus A = 1 dan B = 1 dalam tabel kebenaran, tanda ini tidak berarti sama seperti halnya untuk aljabar biasa.



(a)







(b)


(c)


Gambar 1   (a) Rangkaian dasar gerbang OR dan tabel kebenaran. (b) simbol skema. (c)  IC Gerbang OR  7432  .
Sebuah gerbang OR juga dapat memiliki sejumlah masukan. Sebagai ilustrasi, jika kita memiliki empat variabel logika dan kami ingin tahu output logis dari (A + B + C + D), maka itu akan menjadi output dari gerbang OR empat-input dengan A, B, C dan D sebagai inputnya.


Gambar 2   gerbang OR Tiga-input

Gambar 2  menunjukkan simbol rangkaian gerbang OR tiga-masukan . Logika ekspresi menjelaskan fungsi gerbang OR tiga masukan dan empat-masukan adalah Y= A+B+C dan Y=A+B+C+D.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar